Pena Literasi
Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi

PENERAPAN PRINSIP MAKSIM KERJASAMA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA

Nini Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka, Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Bentuk pengembangan kemampuan bercerita ialah pembacaan cerita berantai. Siswa mengalami kesulitan membacakan cerita berantai. Siswa juga mengalami kebingungan ketika meruntutkan isi cerita secara sistematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan maksim kerjasama dalam pengembangan kegiatan berbicara di kelas X di SMAN 99 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Observasi dilakukan dengan cara mengamati kegiatan pembacaan cerita berantai melalui rekaman. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, display, dan penarikan simpulan. Hasil dalam penelitian menerangkan bahwa penerapan maskim kerjasama dalam pembacaan cerita berantai yang dilakukan siswa terdapat maksim kuantitas sebanyak 24 buah, maksim kualitas sebanyak 8 buah, maksim cara sebanyak 2 buah, dan maksim relevansi sebanyak 13. Simpulan hasil penelitian yaitu siswa kerap kali melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap prinsip maksim kerjasama saat membacakan cerita berantai. Pelanggaran tersebut lebih banyak terjadi pada maksim kuantitas, yaitu siswa sering kali membacakan cerita berantai ini secara berlebihan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

penaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. ...