Societas : Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial
Vol 10 No 2 (2021): Societas: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja

Della Elisabeth Delisye Rumlus (Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin)
Fitriani Fitriani (Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Musamus Merauke)
Armin Arsyad (Ilmu Poltik Program Pascasarja, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makasar)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Pengelolaan anggaran yang benar akan menjadi faktor penyebab sebuah organisasi cepat berkembang dan berhasil mewujudkan visi misi organisasi tersebut. sebuah organisasi menginginkan hasil kerja yang maksimal, sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan atau melampaui perencanaan tersebut.Anggaran berbasis kinerja merupakan perencanaan kinerja tahunan secara terintegrasi yang menunjukkan hubungan antara tingkat pendanaan program dan hasil yang diinginkan dari program tercapai sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi anggaran berbasis kinerja pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran di Kabupaten Mappi. Kebijakan Pemerintah dalam mendorong program pendidikan di Kabupaten Mappi adalah agar mampu membantu meringankan biaya sekolah dan untuk meningkatkan kinerja Dinas Pendidikan dan Pengajaran dalam rangka menciptakan generasi penerus yang berkualitas dengan standar kualitas pendidikan yang layak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan jumlah informan sebanyak 23 orang. Hasil penelitian ini ini menemukan bahwa faktor kurang pemahaman aparatur dan ketersediaan fasilitas pendukung sangat mempengaruhi implementasi anggaran berbasis kinerja, maka perlu dilakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan serta pengadaan fasilitas yang dibutuhkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

societas

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

SOCIETAS:Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, menerima artikel hasil penelitian baik dari hasil penelitian lapangan dan hasil penelitian pustaka. Atikel diteriam dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris dengan fokus kajian manajemen pelayanan publik dan manajemen kebijakan publik. ...