JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL MAPEL IPS DI DUNIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DI KELAS IX I SMPN 1 SAGALAHERANG

Lestari Sudiartuti (SMPN 1 Sagalaherang)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi Perdagangan Internasional melalui penerapan model pembelajaran Discovery-Inquiry pada siswa Kelas IX I SMPN 1 Sagalaherang. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX I SMPN 1 Sagalaherang yang berjumlah 33 siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Perdagangan Internasional dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery-Inquiry di kelas IX I. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata post test siklus I mencapai 71,21 dengan ketuntasan 51,52% dan pada siklus II hasil rata-rata post test meningkat menjadi 86,06 dengan ketuntasan 93,94%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...