JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SWASTA BAKTI LUHUR

Panni Ance Lumban Tobing (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Maria Friska Nainggolan (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Mery Silalahi (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Ratna Simarmata (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Bakti Luhur. Penelitian ini mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian, total sampling sebanyak 40 orang siswa dari kelas VA dan VB. Berdasarkan pengkategorian skor rata-rata untuk variabel X (komunikasi guru) adalah 45,80 dan untuk skor rata-rata variabel Y (motivasi belajar) adalah 54,05. Skor tertinggi untuk variabel komunikasi guru adalah 56 dan skor tertinggi untuk variabel motivasi belajar siswa adalah 63.Melalui uji korelasi yang dilakukan diperoleh koefisiensi korelasi 0,478. Kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa memiliki nilai rxy/rhitung 0,538 lebih besar dari rtabel 0,312 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...