Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 3 No 1 (2021): Mei

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak MI Dengan Media Permainan Tradisional Di Kampung Main Mojopahit

Misbahur Khoir (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian pendampingan ini bertujuan untuk meneliti strategi dalam menghidupkan motivasi belajar siswa demi menjaga keberlangsungan pendidikan dalam kebijakan Study From Home (SFH) pada masa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Amiruddin dan warga sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi yang digunakan untuk menghidupkan motivasi belajar siswa dalam kebijakan SFH di tengah wabah COVID-19 berupa media permainan tradisional terbukti dapat menghidupkan motivasi belajar siswa. Hambatan yang ditemui guru yaitu berkenaan dengan aspek orang tua peserta didik, dan sarana pembelajaran. Manfaatnya berupa tumbuhnya motivasi belajar siswa, melatih kedisiplinan siswa, serta membantu meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...