Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol 11, No 3 (2021)

Transformasi Novel Tujuh Misi Rahasia Sophie Karya Aditia Yudis dalam Film Tujuh Misi Rahasia Sophie Karya Sutradara Billy Christian Kajian Sastra Bandingan: Pendekatan Psikologi Sastra

Hartati, Aulia Rachmawati Widi (Unknown)
Kurnia, Euis (Unknown)
Hartati, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, perbedaan struktur pada alur, tokoh, dan latar novel dan film, proses transformasi cerita novel ke dalam film Tujuh Misi Rahasia Sophie, karakteristik psikologi tokoh yang ada dalam novel dan film Tujuh Misi Rahasia Sophie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan psikologi sastra. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perubahan alur, latar, dan tokoh yang terjadi dalam novel dan film Tujuh Misi Rahasia Sophie. Data penelitian berupa kata, penggalan kalimat, uraian kalimat, dialog dalam novel dan film Tujuh Misi Rahasia Sophie. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perbedaan struktur dalam novel dan film Tujuh Misi Rahasia Sophie yaitu tema, alur dan latar. Alur novel dan film memiliki perbedaan di antaranya, tokoh novel dan film terdapat penambahan tokoh, latar waktu novel dan film memiliki persamaan, latar tempat novel terdapat lima belas tempat dan latar tempat film terdapat tiga belas latar tempat, latar suasana dalam novel dan film dominan senang dan sedih. Proses transformasi cerita novel dan film terjadi perubahan variasi yang terjadi di awal cerita, tengah dan akhir cerita. Karakteristik psikologi tokoh utama Sophie dalam novel dan film adalah memiliki kejiwaan sebal, marah, bahagia dan sedih.Kata Kunci: Karakter Tokoh; Sastra Bandingan; Tujuh Misi Rahasia Sophie.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...