Jurnal Teknologi
Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Teknologi

Estimasi Ketidakpastian Nilai Acuan Kobalt Dan Mangan Dalam Matriks Air Minum Kemasan

Christine Elishian (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)
Isna Komalasari (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)
Eka Mardika Handayani (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)
Oman Zuas (Unknown)
Nuryatini Hamim (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)
Ayu Hindayani (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)
Dyah Styarini (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)
Eka Pratiwi (Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 420, Setu,15314, Tangerang Selatan, Banten)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

Ketidakpastian merupakan salah satu bagian penting dari nilai acuan suatu bahan acuan bersertifikat. Pada penelitian ini, komponen – komponen ketidakpastian pada penentuan nilai acuan kobalt (Co) dan Mangan (Mn) dalam bahan acuan matriks Air Minum Kemasan (AMK) telah berhasil diidentifikasi dan ditentukan dengan mengacu pada ISO/Guide 35:2017. Komponen yang berkontribusi pada nilai acuan Co dan Mn yaitu komponen ketidakpastian yang bersumber dari homogenitas sampel, ketidakpastian asal stabilitas jangka panjang penyimpanan dan ketidakpastian yang bersumber dari karakterisasi. Proses karakterisasi nilai acuan dilakukan dengan perbandingan dua metode yaitu ICP-MS dan ICP-OES menggunakan internal standar Ytrium dan kalibrasi eksternal. Nilai acuan logam Co dan Mn beserta ketidakpastiannya yaitu 14,8 ± 2,7 µg Kg-1 dan 41,6 ± 7,5 µg Kg-1 pada tingkat kepercayaan 95% dengan faktor cakupan 2. Adapun sumber kontributor terbesar ketidakpastian nilai acuan ditemukan berasal dari komponen stabilitas jangka panjang yaitu sebesar 1,17 µg Kg-1 (8%) dan 3,59 µg Kg-1 (9%) masing-masing untuk Co dan Mn.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurtek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Teknologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai wahana publikasi karya ilmiah/penelitian di bidang sains dan teknologi. Jurnal Teknologi menerbitkan dua terbitan per tahun (Juni dan Desember). Tujuan ...