Bianglala Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta
Vol 9, No 2 (2021): Bianglala Informatika 2021

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android bagi Guru SDIT Anak Sholeh

Sardiarinto Sardiarinto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Angela Bayu Pertama Sari (Universitas Bina Sarana Informatika)
Dwi Iswahyuni (Universitas Bina Sarana Informatika)
Anik Andriani (Universitas Bina Sarana Informatika)
Eko Saputro (Universitas Bina Sarana Informatika)
Paulus Tofan Rapiyanta (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Ketrampilan berbahasa Inggris saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Strategi-strategi pengajaran yang menarik, sederhana dan mudah diingat adalah beberapa kunci penentu dalam Bahasa inggris kepada anak-anak dari usia dini. Guru memiliki peran sebagai motivator siswa agar dapat lebih memahami pelajaran bahasa inggris, tidak hanya pada saat itu, namun juga dapat diingat dan digunakan selanjutnya dalam kalimat. Teknologi perlu dimanfaatkan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar bahasa Inggris pada pendidikan anak pada saat ini. Saat ini telah tersedia ribuan aplikasi, namun cukup sulit untuk memilih yang paling sesuai untuk guru dan murid. Untuk itu perlu dibangun sebuah aplikasi Pembelajaran Bahasa inggris yang menarik, sederhana dan mudah diingat agar dapat dipraktikkan sendiri oleh peserta didik. Aplikasi dibangun dengan model waterfall yaitu Analisa, Design, Cooding, dan Testing. Dengan Aplikasi Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan teknologi berbasis android ini mampu menunjang proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi lebih optimal sehingga anak mampu memahami dan mengenal bahasa Inggris yang baik dan benar.Kata Kunci:  Aplikasi Android, Bahasa Inggris, Pembelajaran Guru

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Bianglala

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JURNAL BIANGLALA INFORMATIKA telah memiliki ISSN baik versi cetak maupun online. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang ...