Bianglala Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta
Vol 9, No 2 (2021): Bianglala Informatika 2021

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Platform Bimbingan Belajar Online Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Alma Eka Ayuningtyas (Universitas Nusa Mandiri)
Anna Mukhayaroh (Universitas Nusa Mandiri)
Samudi Samudi (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Abstrak - Pada saat ini di Indonesia terjadi pandemi yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau sering disebut dengan istilah COVID19 (Coronavirus Diseases-19). Pandemi merupakan sebuah epidemi yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara, umumnya menyerang banyak orang. Penyakit yang berasal dari Cina ini tengah mengejutkan seluruh dunia, karena corona merupakan penyakit yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya. Akibat COVID-19, dunia tengah menghadapi krisis kesehatan global dan sosial ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penyebaran virus corona ini berdampak kepada berbagai aspek kehidupan di Indonesia, termasuk bidang pendidikan. Pembatasan sosial berdampak pada pendidikan, salah satunya penutupan sekolah. Oleh karena itu, platform bimbingan belajar online dapat membantu untuk meningkatkan dinamika aktivitas pembelajaran daring yang sedang berjalan di Indonesia. Karena banyaknya platform bimbingan belajar online saat ini, maka penulis mengambil 4 sampel situs aplikasi bimbel online yang banyak diminati yaitu Ruangguru, Zenius, Quiper dan Pahamify. Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai metode yang akan digunakan dalam sistem pendukung keputusan penelitian ini. Dengan menggunakan metode AHP dapat menentukan kepercayaan, kemudahan, kualitas dan harga pada pemilihan platform bimbingan belajar online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Bianglala

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JURNAL BIANGLALA INFORMATIKA telah memiliki ISSN baik versi cetak maupun online. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang ...