AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 3 (2021)

LITERASI SPASIAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA BELAJAR

Indah Prasetya Ningsih (Universitas Negeri Surabaya)
Mega Teguh Budiarto (Universitas Negeri Surabaya)
Siti Khabibah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Abstrak Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil literasi spasial siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasarkan tinjauan perbedaan gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII yang berkemampuan matematika tinggi dengan masing-masing gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Instrumen pendukung pada penelitian ini adalah 1) angket gaya belajar; 2) tes kemampuan matematika; 3) tugas geometri; dan 4) pedoman wawancara. Hasil Penelitian ini adalah subjek dengan gaya belajar visual tergolong baik dalam domain visualisasi spasial dan penalaran spasial, tetapi lemah dalam komunikasi spasial. Subjek dengan gaya belajar auditori tergolong baik dalam visualisasi dan komunikasi spasial tetapi lemah pada penalaran spasial. Serta subjek gaya belajar kinestetik tergolong baik dalam komunikasi spasial tetapi lemah pada penalaran spasial. Kata kunci: gaya belajar; literasi spasial; geometri. Abstract The purpose of this study is to describe the profile of students spatial literacy in solving geometry problems based on a review of differences in learning styles. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this study were three grade VIII students who had high mathematical abilities with their respective visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles. The supporting instruments in this study were 1) a learning style questionnaire; 2) math ability test; 3) geometry task; and 4) interview guide. The results of this study are subjects with visual learning styles classified as good in the domain of spatial visualization and spatial reasoning, but weak in spatial communication. Subjects with auditory learning style are good in visualization and spatial communication but weak in spatial reasoning. And the subject of kinesthetic learning styles is good in spatial communication but weak in spatial reasoning. Keywords: learning style; spatial literacy; geometry

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...