Rekam : Jurnal, Fotografi, Televisi Animasi
Vol 17, No 2 (2021): Oktober 2021

Dampak Covid Terhadap Pekerja Animasi Indonesia

Andrian Wikayanto (Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI))
Ehwan Kurniawan (Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta)
Bagus Fitrian Yudoprakoso Mail (Imigrasi Kelas I TPI Mataram Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia)
Daryl Wilson (Kumata Studio Bandung)
Irvan Satrya Prana (Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKMunculnya covid-19 tidak hanya berimbas pada aspek kesehatan saja. Namun disaat yang sama juga menyangkut pada aspek sosioekonomi dari para pekerja yang memiliki posisi sangat rentan di masa pandemi ini. Pada penelitian sebelumnya memperlihatkan banyak sekali dampak yang dirasakan oleh para pekerja di sektor pendidikan, kesehatan, sektor non-formal, pariwisata, dan pekerja migran. Namun sayangnya masih belum menyentuh secara mendalam dalam melihat dampak pandemi pada pekerja kreatif khususnya di bidang animasi. Disisi lain sektor animasi dianggap sebagai salah satu sektor industri yang dianggap mampu bertahan pada masa pandemi ini. Sehingga mengetahui seperti apa dampak pandemi pada pekerja di sektor animasi menjadi sangat penting. penelitian ini akan menggunakan pendekatan studi kasus dengan mewawancarai 120 pekerja animasi di 23 kota di seluruh Indonesia. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dampak pandemi covid-19 ini terdiri dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan eksternal. Para pekerja animasi seringkali dianggap sebagai pihak yang bisa beradaptasi pada masa pandemi karena kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi terbaru. Faktanya tidak semua pekerjaan di bidang animasi dapat dikerjakan secara jarak jauh atau remote, karena masih dibutuhkan proses kerja secara onsite untuk memudahkan proses komunikasi dan koordinasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

rekam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi is a scientific journal published by the Asosiasi Dosen Seni Media Rekam Indonesia in collaboration with the Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. This journal contains articles on research results, conceptual ideas (results of ...