Indonesian Gender and Society Journal
Vol 2, No 1 (2021)

Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text

Prakoso, Ananda Rival (Unknown)
Seriardana, Putu (Unknown)
Adnyani, Luh Diah Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan produktif dalam belajar bahasa Inggris. Ada berbagai macam pendekatan untuk meningkatkan keterampilan menulis. Salah satunya adalah dengan pendekatan Genre Based Approach. Menulis adalah salah satu keterampilan yang susah dikuasai peserta didik, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah keterampilan menulis dengan mengimplementasikan pendekatan Genre based approach dalam menulis teks explanation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK akan berjalan dalam dua siklus. Fokus dalam penelitian ini akan dibatasi pada hasil unjuk kerja menulis peserta didik yang akan dinilai menggunakan rubrik menulis. 19 orang peserta didik kelas 11 IIS 1 di SMA Laboratorium Undiksha dipilih menjadi subjek penelitian. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengambil data nilai hasil unjuk kerja menulis peserta didik. Sebagai tambahan, data yang diperoleh akan dianalisis dengan dukungan dari lembar observasi.. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa masalah peserta didik dalam kurangnya keterampilan menulis dapat teratasi dengan digunakannya pendekata Genre based approach. Ini ditunjukkan dengan adanya lebih dari 75% peserta didik memiliki nilai diatas KKM dan memiliki peningkatan nilai keterampilan menulis pada post-test.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IGSJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of ...