Jurnal Teknologi Kedirgantaraan (JTK)
Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Teknologi Kedirgantaraan

Perbandingan Analisis Termodinamika Mesin TPE-331 dan PT6A-42 Terhadap Variasi Ketinggian Terbang

Bismil Rabeta (Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

Mesin turboprop merupakan jenis mesin hybrid yang menyediakan gaya dorong jet sekaligus menggerakan baling-baling. Pada dasarnya proses pengoperasiannya sama dengan turbojet kecuali kerja turbin melalui sebuah poros utama yang terhubung dengan reduction gear yang digunakan untuk memutar baling-baling. Analisis termodinamika telah banyak dilakukan untuk mengetahui kinerja dari mesin turbofan dan turbojet, sedangkan untuk mesin turboprop masih sangat sedikit dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan analisis termodinamika mesin TPE-331 yang digunakan pada pesawat CASA-212 dimana disertifikasi pada awal tahun 1965 dan mesin PT6A-42 yang digunakan pada pesawat N-219 dimana disertifikasi pada tahun 1983. Perbandingan dilakukan untuk melihat perkembangan mesin turboprop selama hampir 20 tahun dan membandingkan kinerja mesin secara termodinamika untuk masing-masing mesin. Kinerja mesin yang akan dibandingkan meliputi gaya dorong propeller ,kerja kompresor, fuel to air ratio, laju aliran bahan bakar, kerja turbin, kerja spesifik poros propeller, daya poros , jet thrust , daya total dan equivalent shaft horsepower ESHP) .Adapun hasil perhitungannya untuk mesin TPE-331 memiliki nilai gaya dorong propeller tertinggi dengan perbedaan sebesar 21,22 % dengan mesin PT6A-42, kerja kompresor tertinggi ada pada mesin PT6A-42 dengan persentase 8 % lebih besar dibandingkan dengan mesin TPE-331, fuel to air ratio terendah ada pada mesin PT6A-42 yaitu sebesar 3,43% lebih rendah , sedangkan untuk laju bahan bakar tertinggi ada pada mesin PT6A-42 yaitu rata-rata sebesar 40,32%. Kerja turbin terbesar ada pada mesin PT6A-42 yaitu sebesar 3,3% lebih tinggi dibandingkan dengan mesinTPE-331, kerja poros , daya poros, Jet thrust, daya total dan ESHP terbesar dimiliki oleh mesin PT6A-42 masing-masing besarannya secara berturut-turut 1,65 %, 42,60%, 52,40%, 42,40%, 42,40% dibandingkan dengan mesin TPE-331.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Engineering Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Jurnal Teknologi Kedirgantaraan (JTK) memuat artikel-artikel hasil penelitian dan kajian analitis kritis bidang teknik penerbangan yang belum pernah dipublikasikan pada media lain. Adapun lingkup bahasan meliputi: propulsi, avionik, struktur, material pesawat terbang, pemeliharaan dan operasional ...