Business and Accounting Education Journal
Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal

PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM

Zuliasanti, Kiki (Unknown)
Rusdarti, Rusdarti (Unknown)
Sakitri, Wijang (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran secara bersama-sama dan parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.938 UKM Mebel di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 UKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh simultan sebesar 73% sedangkan pengaruh secara parsial orientasi pasar sebesar 30,80%, orientasi kewirausahaan sebesar 18,31%, dan inovasi produk sebesar 8,76%. Simpulan penelitian bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk mempengaruhi kinerja pemasaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

BAEJ- Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu Bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu akuntansi dengan fokus dan ruang ...