Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam
Vol 1, No 2 (2017)

Nilai-Nilai Psiko-Edukatif Dalam Surat Al-‘Ashar: (Pembacaan Kritis Atas Pemikiran M.Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah)

Rahmad Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Sebagai mana yang telah sama-sama diketahui bahwa al-Qur’an merupakan pedoman normatif - teoritis dalam pelaksanan pendidikan agama Islam. Didalamnya terdapat nilai-nilai edukatif dan antara lain adalah nilai-nilai edukatif dalam Surat al-'Ashr. Nilai-Nilai Edukatif dalam Surat al-‘Ashr (Pembacaan Kritis Atas Pemikiran M.Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah) adalah merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Nilai-nilai Pendidikan yang terdapat dalam surat al-'Ashr kaitannya dengan penafsiran M.Quraish Shihab, serta bagaimana relevansinya dalam hal pelaksanaan dan upaya peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (libarary research), dengan teknik pengumpulan datanya yang dilakukan melalui dokumentasi. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan Paedagogik. Artinya pembahasan yang ada dalam penelitian ini mengacu kepada konsep yang ada dalam al-Qur’an dan al-Sunnah berdasarkan atas hasil penafsiran dari M.Quraish Shihab. Adapun analisis datanya secara kualitatif dilakukan dengan instrumen analisis deduktif-induktif. Metode deduktif ditempuh untuk mengungkap atau men-generalisasikan nilai-nilai pendidikan dalam surat al-‘Ashr sebagaimana terdapat dalam kitab Tafsir al-Misbah yang merupakan pokok-pokok pemikiran atau hasil penafsiran dari M.Quraish Shihab, sehingga dapat diperoleh kesimpulan yang utuh. Sedangkan metode induktif dipergunakan untuk mengambil nilai-nilai pendidikan tersebut untuk selanjutnya dikembangkan ke dalam kerangka umum nilai-nilai pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam: is a periodical scientific publication published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. The focus of this Journal is on the Islamic counseling studies. The process of publishing the manuscript through peer review and the editing ...