Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Jaya, Ilham (Unknown)
Marini, Arita (Unknown)
Bachtiar, Ishak G (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 205 Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah treatment by level 2x2, dengan variabel bebas adalah strategi pembelajaran yaitu REACT dan ekspositori, variabel terikat adalah kemampuan komunikasi matematis, dan variabel moderator adalah berpikir kreatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah pertama pembelajaran REACT efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sehingga strategi ini dapat digunakan guru sekolah menengah pertama dalam materi bangun datar segiempat. Kedua, pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa tergantung dengan tingkat berpikir kreatif siswa. Ketiga, dengan strategi  pembelajaran REACT siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif tinggi memiliki skor kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmatematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of ...