Persepsi adalah proses pemikiran yang dialami seseorang dalam memahami informasi-informasi di lingkungan sekitar. Proses tersebut dapat melalui indera penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Banyaknya pemberitaan mediasosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp,dll. yang membahas tentang perkembangan Covid-19 banyak mempengaruhi masyarakat dan sudah banyak mengubah tatanan kehidupan manusia saat ini begitupun denganpersepsi masyarakat terhadap Covid-19 yang membuat masyarakat resah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberitaan melalui media sosial terhadap presepsi masyarakat tentang Covid-19 di wilayahkerja puskesmas mekar. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling yang berjumlah 370 orang. Uji statistikmenggunakan uji Chi square. Hasil uji statistik Chi-Square pada taraf kepercayaan 95% (0,05) menunjukkan bahwa p Value = 0,000, jadi p Value < 0,05,menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara intensitas penggunaan media sosial dengan persepsi masyarakat mengenai Covid-19 diwilayah kerja Puskesmas Mekar Kota Kendari tahun2020.Kata Kunci: Persepsi, Media Sosial, Covid-19.
Copyrights © 2021