Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 31, No 2 (2021)

Implementasi Metode Design Thinking untuk Perancangan Aplikasi Webinar Booking dan Broadcasting Sebagai Inovasi Media Pembelajaran

Nadifah Adya Ilham (Universitas Negeri Malang)
Nandha Mustika Sari (Universitas Negeri Malang)
Mohamad Firzon Ainur (Universitas Negeri Malang)
Axel Gandy Arthayuda (Universitas Negeri Malang)
Michell Brella Tamarizta (Universitas Negeri Malang)
Kartika Candra Kirana (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Fenomena banyaknya webinar yang diadakan oleh berbagai institusi, organisasi, lembaga pembelajaran, dan individu merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Berpartisipasi dalam Webinar adalah salah satu pilihan bagi individu yang ingin produktif di rumah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka. Hal tersbut alasan mengapa popularitas webinar meningkatkan. Namun, dari sudut pandang peserta webinar, diperlukan platform yang dapat mempermudah dan mendukung proses pembelajaran melalui webinar, seperti penjadwalan, perekaman, dan pencarian webinar berdasarkan minat. Platform ini akan berbasis mobile dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode design thinking, yang meliputi langkah-langkah seperti empathize, define, ideate, prototype, dan test. Selain itu, metode ini membantu untuk mengidentifikasi proses desain, yang mampu memberikan solusi dalam pemecahan masalah. Pemikiran desain ini mungkin berdampak pada bagaimana keputusan dibuat, menghasilkan konsep baru dan inovatif. Karena desain ini telah mengatasi kemungkinan kesulitan pengguna, ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan produk di masa depan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...