Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM)
Vol 7 No 1 (2000): April

SEGMENTASI KOMPONENSIAL DAN PERGESERAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI KECANTIKAN

Imam Suyadi (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2000

Abstract

Segmen wanita sangat komplek dapat dipilah-pilah dalam berbagai dimensi sebagai akibat persaingan yang semakin gencar dari pihak-pihak perusahaan yang berusaha untuk memenangkannya dengan merebut kelompok-kelompok konsumen khususnya mahasiswi indekost. Dari penelitian yang telah dilakukan telah ditemukan bahwa profil mahasiswi indekost dapat dikelompokkan dalam 7 kelompok, meskipun sifatnya masih kontardiktif dan saling melengkapi pada setiap profil yang ada. Beberapa variabel dalam gaya hidup ternyata tidak mempunyai perbedaan rata-rata skore menurut variabel-variabel latar belakang / nilai-nilai individu mahasiswi indekost. Preferensi pemilihan sabun mandi kecantikan tidaklah mendasarkan pada harga (konsep PITO dan BPTO) melainkan pada perawatan kulit. Hal ini sejalan dengan realitas yang berkembang dalam masyarakat bahwa mahasiswi ataupun remaja masa kini berusaha untuk memelihara kulitnya tetap halus seperti bayi. Kebutuhan ini tampaknya dapat dipenuhi melalui sabun mandi kecantikan Cussons dan Lux.

Copyrights © 2000