Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 1 No. 2 (2020): Tatsqifiy: Jurnal Pendididikan Bahasa Arab

Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi

Marinda Yusvida (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Pembelajaran dan pemerolehan bahasa arab dapat mendorong meningkatkan perkembangan intelektualitas. Namun Pendidikan Bahasa arab Universitas Djuanda yang berasal dari sekolah umum merasa asing dengan tipikal pembelajaran bahasa arab di kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui selera mahasiswa dalam Strategi Belajar Bahasa Arab. Khususnya dalam strategi keterampilan berbahasa. Studi kasus ini menggunakan bentuk kajian campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik convenience sampling melalui penyebaran angket yang berbasis digital dan disebarluaskan melalui sosial media. Penelitian ini mengungkap 57,1% mahasiswa lebih dominan memilih cara atau strategi yang lebih efektif dalam belajar bahasa arab dengan berbicara atau praktek langsung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tatsqifiy

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by Djuanda University Bogor. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this ...