ABSTRAK Penelitian ini menerapkan perangkat pembelajaran biologi berbasis kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan mendapatkan data tentang ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan paired t-test. Selain itu juga dihitung peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui N-gain, untuk melihat keunggulan perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe TPS. Sasaran penelitian adalah siswa SMA Sejahtera Tahun Ajaran 2009/2010 Kelas X-7 yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Ada satu indikator yang tidak tuntas dari lima indikator berpikir kritis yang dilatihkan. Kata kunci: perangkat pembelajaran biologi, kooperatif Think Pair Share, berpikir kritis
Copyrights © 2010