Salah satu kompetensi inti yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Pemerdikna No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru adalah mengembangkan instrument penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kisi-kisi dan pengembangan instrument penilaian mata pelajaran IPA kelas IV di SD kota Kediri tahun 2012-2013. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kisi-kisi penilaian dan pengembangan instrument penilaian yang terdapat pada RPP yang dibuat oleh guru IPA kelas IV di SD kota Kediri. Sampel diambil secara acak sebanyak 15 RPP. Parameter yang digunakan untuk menilai kisi-kisi penilaian adalah kesesuaian antara posedur dengan teknik penilaian, jenis penilaian, alat penilaian, bentuk instrument, dan kelengkapan komponen kisi-kisi penilaian, sedangkan parameter yang digunakan untuk menilai instrument penilaian adalah kesesuaian antara instrumen dengan indikator dan kisi-kisi penilaian serta kelengkapan instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas kisi-kisi penilaian dan pengembangan instrument penilaian dalam RPP IPA kelas IV SD di Kota Kediri yang dibuat oleh guru masih kurang baik. Kata kunci: Analisis, Kisi-Kisi, Instrumen Penilaian
Copyrights © 2013