Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, dan Lingkungan Terrbangun
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Vastukara

DESAIN INTERIOR PUSAT HIDROTERAPI BAGI PENDERITA INSOMNIA

Ni Putu Sani Indrayanti (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
Made Ida Mulyati (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
I Putu Udiyana Wasista (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Melihat perkembangan jaman sekarang ini mobilitas kehidupan sangat tinggi dan tuntunan hidup semakin tahun semakin tinggi. Melihat kondisi tersebut maka manusia jaman sekarang sering mengalami beberapa penyakit salah satunya penyakit insomnia yang disebabkan oleh tingkat stress yang cukup tinggi. Salah satu pengobatan yang dapat meredakan hingga menyembuhkan penyakit insomnia yaitu hidroterapi yang merupakan pengobatan menggunakan media air. Seiring dengan berjalanya waktu situasi di daerah perkotaan yang krodit dan situasi pandemi COVID-19 mengakibatkan tingkat stress dan penyakit insomnia menigkat dan pandemi juga berdampak kepada menurunnya perekonomian pariwisata khususnya di daerah Bali. Dengan adanya program pemerintah dalam mewujudkan Bali sebagai destinasi wisata berbasis kesehatan (Medical Tourism). Dalam karya tulis ini, membahas tentang solusi yang ditawarkan untuk memecahkan permasalahn dan gagasan ide dalam upaya menciptakan desain interior pusat hidroterapi bagi penderita insomnia sebagai pusat penyembuhan dan juga wisata kesehatan yang ada di Bali dengan memilih lokasi ubud sebagai salah satu daerah pariwisata yang cukup terkenal. Berdasarkan hal tersebut, penulis hendak menciptakan desain interior dengan tradisi melukat yang sering dilakukan oleh umat hindu di Bali. Dengan mengaplikasikan ide dari tradisi melukat pada proses desain diharapkan dapat memperkenalkan budaya tradisi Bali kepada wisatawan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vastukara

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science

Description

Jurnal Vastukara dikonstruksi sebagai jurnal online (e-journal). Jurnal ini di-review menggunakan sistem blind review. Jurnal Vastukara ditujukan sebagai media pengembangan keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun, untuk dapat dipublikasikan secara berkelanjutan. Publikasi ini ...