JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan
Vol. 9 No. 1 (2019): JANUARI - JUNI 2019

Peran Pustakawan untuk Menarik Minat Baca di Perpustakaan Umum Kecamatan Semanding - Tuban

Suhernik . (Perpustakaan Universitas Airlangga)
Siti Uswatun Khasanah2 (Mahasiswa Program S1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Perpustakaan, Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2020

Abstract

Perpustakaan adalah sebuah tempat atau wadah yang memberikan informasi kepada pelanggan atau pengguna perpustakaan. Dalam hal ini yang menjadi tempat penelitian yang dilakukan peneliti adalah perpustakaan umum kecamatan Semanding yang bertujuan untuk mengetahui peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca di daerah Semanding ini. Dengan didirikannya perpustakaan yang masih dibilang sangat baru ini dapat memberikan dampak positif pada masyarakat sekitarnya. Hasil dari penelitian ini bahwa peran pustakawan di perpustakaan umum kecamatan Semanding telah melakukan inovasi dengan mengadakan lomba-lomba untuk menarik minat anak untuk datang ke perpustakaan. Serta minat baca yang ada di perpustakaan umum kecamatan Semanding ini masih rendah karena koleksinya masih kurang mendukung pembelajaran anak sekolah. Saran peneliti untuk perpustakaan umum ini dikembangkan lagi koleksinya agar lebih lengkap, pustakawan yang ada harus lebih kreatif untuk menarik minat baca di masyarakat sekitar Semanding dan pustakawan hendaknya memberikan rasa nyaman serta mengatur koleksinya agar pengguna perpustakaan tidak kesulitan dalam mencari bahan pustaka.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPERPUS

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

JPUA: Universitas Airlangga Library Journal: Information and Communication Media Librarianship is published by the Airlangga University Library. Focus: publish scientific articles from librarians, researchers, educators with an article focus on information and library studies. Scope: contains topics ...