Pandemi telah memaksa dilaksanakannya pembelajaran secara dalam jaringan (daring), termasuk pembelajaran Bahasa Inggris. Selain faktor teknis, faktor psikologis terutama motivasi belajar dikhawatirkan dapat mempengaruhi motivasi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan sebuah modul berbasis daring yang dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris walaupun tidak didampingi oleh guru sebagaimana seharusnya sebuah kelas bahasa. Sebagai media pembelajaran, HTML 5 Package (H5P) digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk mempelajari topik-topik yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris tanpa terlalu bergantung pada jadwal pembelajaran dari tutor. Untuk menjaga sifat keingintahuan siswa, topik-topik berlatar sejarah digunakan pada materi Bahasa Inggris dengan harapan mahasiswa akan tertarik untuk tetap mengakses pembelajaran karena rasa ingin tahu terhadap sejarah bangsanya. Data mengenai motivasi dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 30 orang siswa sebagai sample dan kompetensi siswa diuji dengan menggunakan pretest-posttest. Hasil pengujian menunjukkan bahwa motivasi siswa terjaga walaupun kelas dilakukan tanpa tatap muka dan hasil posttest menunjukkan kecenderungan peningkatan kemampuan mahasiswa.
Copyrights © 2021