Riset, Ekonomi, Akuntansi dan Perpajakan (REKAN)
Vol 1 No 2 (2020)

STUDI KUALITATIF WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PENGUSAHA TERTENTU DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Kasus Pada Pelaku Social Commerce)

Aryani, R. Ayu Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pengetahuan pelaku social commerce sebagai wajib pajak pengusaha tertentu dalam membayar pajak penghasilan atas usahanya. Penentuan perilaku agen social commerce ketika dihadapkan pada tantangan membayar pajak penghasilan, dan bagaimana kendala yang dihadapi oleh petugas pajak atas transaksi social commerce pengumpulan pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan mewawancarai para pelaku perdagangan social. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor utama pelaku social commerce tidak membayar pajak penghasilan adalah kurangnya informasi jika mereka wajib pajak dan diharuskan membayar pajak atas penghasilan yang diterima. Mereka perlu memiliki kriteria yang jelas tentang perpajakan perdagangan social, jangka waktu pembayaran, dan kepastian bahwa mereka tidak dirugikan. Berbagai kendala yang dihadapi KPP untuk keperluan perpajakan juga terjadi transaksi social commerce, seperti kesulitan melacak siapa yang bertransaksi social commerce, kesulitan menentukan objek pajak (hingga formal digital), transaksi tidak hanya di wilayah pabean Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

rekan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini akan memuat hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu) pada bidang Ekonomi, Management, Akuntansi dan bidang-bidang lain yang terapannya sangat berhubungan dengan bidang ekonomi. Penelitian tersebut harus memenuhi syarat ilmiah baik yang dilakukan oleh individu dosen, dosen ...