Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI)
Vol 1, No 2 (2020)

RANCANG BANGUN ALAT UKUR VISKOSITAS DIGITAL PADA OLI MENGGUNAKAN SENSOR EFEK HALL

Ruth Nelly Hasiguan (Departemen Teknik Elektro Otomasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Imam Arifin (Departemen Teknik Elektro Otomasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Mohamad Abdul Hady (Mechatronics and Industrial Automation Research Center, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Slamet Budiprayitno (Departemen Teknik Elektro Otomasi, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Sugeng Tri Widodo (PT Autonics Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Oli mesin pada sepeda motor berfungsi sebagai minyak pelumas, pendingin, pelindung dari karat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin. Pelumasan terhadap mesin digunakan untuk menghindari terjadinya gesekan langsung antara logam dalam mesin sehingga tingkat keausan logam dan tingkat kerusakan mesin dapat dikurangi. Untuk mendapatkan minyak pelumas yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan yang digunakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu dari hal tersebut adalah tingkat kekentalan dari minyak pelumas. Faktor kekentalan atau viskositas oli merupakan besaran yang harus disesuaikan dengan klasifikasi mesin. Tetapi masyarakat awam memilih oli hanya berdasarkan merk maupun harga yang ditawarkan oleh produsen. Pada penelitian ini akan diimplementasikan suatu sistem pengukuran sensor kekentalan oli dengan menggunakan metode silinder konsentris. Metode menggunakan dua buah silinder konsentris yang berbeda ukuran dengan ruang diantara kedua silinder tersebut diisi dengan cairan yang akan diuji. Silinder luar atau rotor diputar menggunakan motor DC dengan kecepatan konstan dan torsi yang dihasilkan dari silinder dalam atau stator diukur menggunakan sensor efek hall. Pengukuran viskositas dilakukan pada oli SAE 20W-40 dan oli SAE 10W-30 dengan memberikan kecepatan putar motor konstan dan temperatur pada cairan yaitu 27oC. Hasil eksperimen pada temperatur cairan 27oC dan kecepatan putar awal motor 68 Hz menunjukkan nilai viskositas SAE 20W-40) yaitu 162,1 centiPoise dan viskositas oli SAE 10W-30 yaitu 123,8 centiPoise. Hasil eksperimen menunjukkan yaitu semakin kental oli maka kecepatan putar motor DC semakin kecil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

amori

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri merupakan media bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya yang berkualitas tinggi dalam bidang mekatronika, otomasi dan robot industri. Makalah yang dimuat dalam jurnal ini mencakup hasil riset ilmu dasar, ide-ide inovasi dan ...