Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI)
Vol 1, No 1 (2020)

ESTIMASI GERAK PROYEKTIL DENGAN METODE EXTENDED KALMAN FILTER (EKF) PADA INISIAL KONDISI PESAWAT UDARA BERGERAK

Riska Aprilia (Departemen Matematika, Fakultas Matematika Komputasi dan Sains Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Erna Apriliani (Departemen Matematika, Fakultas Matematika Komputasi dan Sains Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Hendro Nurhadi (Mechatronics and Industrial Automation Research Center, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))



Article Info

Publish Date
25 Feb 2020

Abstract

Abstrak — Salah satu usaha untuk mempertahankan negara adalah pengembangan dalam bidang kedirgantaraan. Contohnya pada jalur udara dengan pesawat yang dilengkapi dengan teknologi senjata api. Pada bidang kemiliteran, proyektil senjata api yang digunakan adalah proyektil kaliber 12.7 × 99 mm karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu diperlukan sebuah estimator untuk memprediksi lintasan proyektil yang ditembak dari pesawat udara. Salah satu estimator yang dapat digunakan adalah Extended Kalman Filter. Metode ini merupakan pengembangan dari metode Kalman Filter. Pada penelitian ini Extended Kalman Filter dibandingkan dengan Kalman Filter untuk mengetahui hasil estimasi yang optimal dengan data pengukuran diasumsikan linier. Hasil estimasi menunjukkan bahwa Extended Kalman Filter memiliki hasil yang optimal untuk memprediksi lintasan proyektil yang ditembak dari pesawat udara bergerak. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat keakurasian sebesar 97.81% pada posisi  x, 64.34% pada posisi y, dan 98.13% pada posisi z.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

amori

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri merupakan media bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya yang berkualitas tinggi dalam bidang mekatronika, otomasi dan robot industri. Makalah yang dimuat dalam jurnal ini mencakup hasil riset ilmu dasar, ide-ide inovasi dan ...