Jurnal Agrisistem
Vol 16 No 2 (2020): Jurnal Agrisistem

EFEKTIVITAS PEMBERIAN PLANT GROWTH PROMOTHING RHIZOBACTERIA (PGPR) AKAR PUTRI MALU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brasicca juncea L.)

Ramli Ramli (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
P. Hamzah (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
W. Pasauran (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) adalah sejenis bakteri yang hidup dan berkembang di perakaran tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pemberian Plant Growth Promothing Rhizobacteria (PGPR) Akar Putri Malu Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi serta untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani. Penelitian dilaksanakan di lahan kampus Polbangtan Gowa, pada bulan Maret sampai Mei 2020. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 12 plot. Perlakuan yang digunakan yaitu: P0 : Tanpa Perlakuann, P1 : Pemberian PGPR akar putri malu 15 ml/tanaman, P2 : Pemberian PGPR akar putri malu 20 ml/tanaman atau dan P3 : Pemberian PGPR akar putri malu 25 ml/tanaman. Parameter pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun dan berat bersih. Pemberian dosis PGPR akar putri malu pada pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pada P3 memberikan hasil terbaik pada tinggi tanaman yaitu 36,33 cm, jumlah daun 12,60 helai dan berat bersih 154,00 gram.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

J-Agr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrisistem merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil-hasil penelitian di bidang pertanian secara makro dan peternakan secara mikro. Bidang pertanian meliputi Agronomi, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Hortikultura, Hama dan Penyakit, Perkebunan, dan Teknologi Hasil Pertanian. Bidang Peternakan ...