Jurnal Abdimas Sang Buana
Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Abdimas Sang Buana - November

PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA KECIL DESA PANAKUKANG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN BEKERJA SAMA DENGAN SEKOLAH RA AL IZZAH

Hasyim Hasyim (Universitas Esa Unggul)
Rina Anindita (Universitas Esa Unggul)
Fitri Ayasofia (Badan Riset dan Inovasi Nasional)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Pemahaman terhadap penggunaan media sosial bagi para pengusaha kecil di daerah pedesaan (remote area) merupakan hal yang penting dilakukan dalam rangka mengembangkan usaha yang dikelola agar dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak. Permasalahannya adalah tingkat literasi digital dan pengetahuan terhadap penggunaan media sosial untuk pemanfaatan kegiatan usaha masih sangat kurang.Para pengusaha di daerah pedesaan belum memanfaatkan perangkat teknologi seperti software dan applikasi untukmengembangkan usahany. Pengelolaan usaha masih dilakukan secara manual sehingga penerimaan pendapatan dari usahanya masih sangat terbatas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terhadap kelompok pengusaha skala kecil untuk memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya.Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode daring, bekerjasama dengan sekolah setempat yang dapat menyediakan fasilitas yang dapat diakses oleh para pengusaha. Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk presentasi daring yang menjelaskan bagaimana membangun website, yang dapat mengakses berbagai media sosial seperti instagram, facebook, dan email. Pelatihan dilakukan secara bertahap untuk setiap materi. Hasil yang dicapai setelah dilakukan3(tiga) tahap pelatihan selama bulan Juni dan Juli adalah para pengusaha skala kecil memiliki kemampuan pemahaman lirterasi digital dalam mengembangkan usaha serta pengusaha telah mampu mengenal berbagai aplikasi dan mampu meng upload secara mandiri produk-produk yang dihasilkannya. Implikasi dari pelatihan ini adalah ruang lingkup dan jumlah masyarakat yang mengetahui produk yang ditawarkan oleh pengusaha kecil meningkat sekitar 20-30% diikuti dengan meningkatnya tingkat penjualan (omzet) yang dapat dilakukan rata-rata 10%. Kata Kunci : Literasi Digital, Usaha Kecil, Remote Area, Applikasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Abdimas_Sang_Buana

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Sang Buana (p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan Mei - bulan November) yang mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan ...