Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 1 No. 1: April 2021

Komunikasi pada Materi Aturan Pencacahan

Tofan Adityawan (YPP Nurul Islam Mojokerto)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2021

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, komunikasi merupakan aspek yang sangat penting,karena dengan berkomunikasi, siswa dapat menyampaikan ide – idenya dengan jelas dan terarah. Komunikasi matematika dapat dilakukan dengan teman atau rekan, maupun dengan guru pembimbing. Sesuai dengan NCTM 2000 bahwa komunikasi memiliki empat standart penting yaitu mengatur dan menggabungkan pemikiran matematika mereka melalui komunikasi (K1), mengkomunikasikan pemikiran matematika mereka secara logis dan jelas kepada rekan-rekan, guru, dan lain-lain (K2), menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematika mereka dan strategi lain (K3), menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara tepat (K4). Dalam artikel ini ke empat standart tersebut digunakan dalam pemecahan masalah Aturan Pencacahan,dan diamati serta diulas dari sisi komunikasinya. Secara garis besar dalam ulasan ini memberikan suatu keyakinan bahwasannya komunikasi merupakan hal yang harus ada pada setiap pembelajaran khususnya pembelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Aim and Scope Teaching and learning, education development and society, education management, philosophy of education, religious education. Learning of Islamic Education, which includes materials, curriculums, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation Learning content of Islamic ...