ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) PADA KELAS XII MIPA5 SMA NEGERI 1 PONTIANAK

ELIS WISMARNI (SMA Negeri 1 Pontianak)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) pada siswa kelas XII MIPA5. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas XII MIPA5 berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah kelas XII MIPA5. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) Siswa menjadi lebih aktif dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 76,5 % (Sangat Baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 9 (Baik)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

action

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Classroom and School Action ...