KURVA S JURNAL MAHASISWA
Vol 1, No 1 (2019)

PERENCANAAN WAHANA BERMAIN PROFESI ANAK DENGAN PENEKANAN ARSITEKTUR METAFORA DI KOTA SAMARINDA

UTOYO, AGUSTINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Bermain memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan emosional, fisik, sosial dan nalar. Permainan fokus di terapkan pada ciri khas Kota samarinda yaitu makanan khas samarinda dan kebudayaan desa pampang. Saat ini permainan profesi sudah ada akan tetapi masih belum terlengkapi fasilitas yang memadai untuk anak-anak. Maka dilakukan penelitian dengan tujuan merencanakan wahana bermain profesi anak dengan penekanan metafora dengan batasan masalah untuk pelaku kegiatan yaitu anak-anak usia 0-5 tahunHasil penelitian menunjukan besaran ruang dengan luas koefisien dasar bangunan sebesar 6.410,9795 m2, luas koefisien dasar hijau sebesar 5.636,606 m2 dengan pembagian 78 ruangan dari 9 massa bangunan. Rencana lokasi site berada di Jl.Untung Suropati, Kecamatan Sungai Kunjang, sehingga perencanaan menggunakan konsep metafora, dimana transformasi bentuk persegi panjang dan lingkaran yang membentuk lego dan untuk gubahan massa bangunan yaitu radial yang mengelilingi bangunan. Konsep metafora yang mengikuti bentuk lego karena permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak.

Copyrights © 2019