Journal of Governance and Policy Innovation (JGPI)
Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021, JGPI

Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Surakarta : (Studi Kasus Jalan Dr. Radjiman)

Silvanda Dewi Pradita (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Is Hadri Utomo (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

E-Parkir merupakan pelayanan perparkiran untuk mewujudkan parkir yang aman, nyaman dan transparan, diharapkan mampu melancarkan tarif progresif sehingga perselisihan juru parkir dengan masyarakat dapat dihindari. E-Parkir dimaksudkan untuk mengurangi praktik juru parkir liar serta kebocoran retribusi dapat diatasi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menilai efektivitas E-Parkir menggunakan teori Budiani yang memuat ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukan masih kurang efektif dinilai dari sosialisasi masih kurang diberikan pada masyarakat sehingga masih belum mengetahui E-Parkir. Tujuan program juga belum semuanya tercapai karena masih ditemukan beberapa juru parkir tidak mengoperasikan alat serta kesadaran juru parkir dan masyarakat kurang, namun sudah efisien menghadapi perselisihan juru parkir dengan pengguna. Meskipun demikian ketepatan sasaran sudah tepat dimana sasarannya masyarakat, Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan Juru Parkir. Adapun pemantauan program sudah efektif yang diikuti pendampingan dan evaluasi perbaikan telah rutin dilaksanakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jgpi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

JGPI merupakan jurnal ilmiah terbitan Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia dengan fokus antara lain : Politik Pemerintahan, Digital Governance, Administrasi Publik, Manajemen Publik, Kebijakan Publik, Inovasi Kebijakan Publik, Inovasi Pelayanan ...