Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 1, No 2 (2019): Peqguruang Volume 1, Nomor 2, Nopember 2019

Pengaruh Strategi Quantum terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Tanggapan Deskriptif

Nur Hafsah Yunus (Universitas Al Asyariah Mandar)
Citra Indraswari (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini mengambil judul pengaruh strategi quantum terhadap hasil belajar menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 176 orang, yang ditempatkan dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara acak dari 6 kelas berdasarkan hasil sampling acak sederhana dan sebelum penentuan sampel terlebih dahulu dilakukan tes awal (Pre-test) kepada seluruh peserta didk kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo dan kelasyang memperoleh nilai rata-rata yang sama atau hampir sama diambil sebagai kelas penilaian. Penilaian ini akan menggunakan 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil sampling acak sederhana, maka kelas VII A sebagai kelas (kelompok) eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas (kelompok) kontrol. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.  Dari hasil penelitian diketahui bahwa Strategi Quantum dapat meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik. Hasil inferensial menunjukkan bahwa nilai thitung pada equal variances assumed = 2,034 df = 54, dan diperoleh ttabel = 2,004 sehingga thitung = 2,034> ttabel = 2,004 dan signifikansi 0,004< 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi quantum berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Wonomulyo Polewali Mandar.

Copyrights © 2019