Journal of Business Administration (JBA)
Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021

PENGARUH KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, DISKON, DAN CASHBACK TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA MENGGUNAKAN E-WALLET

Teguh Pernanda (Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin)
Andi Aswan (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
Bintang Balele (Fakultas Sosial, Ekonomi & Humaniora, Universitas Cokroaminoto)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Penggunaan E-wallet sebagai salah satu alat pembayaran non tunai menjadi semakin berkembang. Meskipun demikian, masih terdapat kelompok masyarakat yang masih enggan menggunakannya salah satunya karena pertimbangan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, persepsi diskon dan cashback, terhadap tingkat pengeluaran mahasiswa dengan menggunakan e-wallet. Penelitian ini menggunakan sample terdapat 70 Mahasiswa yang menjadi sampel dengan menjawab daftar pertanyaan melalui kusioner online yang disebar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap persentase konsumsi. Sedangkan, variabel persepsi diskon dan cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap persentase konsumsi Mahasiswa menggunakan e-wallet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jba

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Business Administration (JBA) merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan dalam bentuk artikel penelitian (research article), literatur review (studi literatur), dan review buku (book review), artikel opini (perspective article) yang diterbitkan oleh Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik ...