Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)
Vol 1, No 1 (2020): Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)

Profil Mikrobiota ASI dan Perannya terhadap Saluran Cerna Bayi

Rike Syahniar (Departemen Mikrobiologi dan Parasitologi, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Auliyani Andam Suri (Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Latar Belakang: Air susu ibu (ASI) mengandung mikrobiota dalam jumlah banyak yang mewakili bakteri komensal, mutualistik, dan bakteri yang berpotensi sebagai probiotik pada saluran cerna bayi. Hasil: Filum bakteri yang paling dominan dalam ASI antara lain Proteobacteria dan Firmicutes sedangkan pada tingkat genus yaitu Staphylococcus, Pseudomonas, Streptococcus dan Lactobacillus. Diantara berbagai mikrobiota yang terdapat dalam ASI, Lactobacillus dan Bifidobacterium berpotensi sebagai probiotik. Kesimpulan: Mikrobiota usus memberikan fungsi metabolisme, dan proteksi yang bermanfaat seperti peningkatan kapasitas pencernaan, produksi asam lemak rantai pendek dan vitamin, pengaturan struktur mukosa dan sistem kekebalan tubuh serta resistensi kolonisasi terhadap patogen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MJNF

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Nursing Public Health

Description

Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food science (MJNF) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu gizi dan pangan yang terbit secara berkala, setiap dua kali dalam setahun (Mei dan November), yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. MJNF ...