Jurnal Public Relations (J-PR)
Vol. 2 No. 1 (2021): April 2021

DINAMIKA GLOBALISASI BUDAYA KOREA DI INDONESIA DAN POLA KONSUMSI REMAJA “KOREAN WAVE” DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Roosita Cindrakasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2021

Abstract

Fokus artikel ilmiah ini adalah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang yang lahir dari globalisasi memiliki kekuatan dan pengaruh terhadap pola konsumsi budaya Korea remaja Indonesia di media sosial Instagram. Globalisasi menciptakan kompetisi dan saling ketergantungan di antara negara-negara di dunia. Selama ini, dominasi globalisasi selalu diidentikkan dengan Amerika Serikat. Namun ada fenomena menarik yang sedang populer akhir-akhir ini yang merupakan Korean Wave. Dalam determinisme teknologi dikatakan bahwa manusia adalah objek dari teknologi itu sendiri dan interaksi sosial suatu masyarakat sangat dipengaruhi oleh perkembangan serta teknologi yang mereka konsumsi. Konsumerisme dan pola hidup konsumtif telah menjadi budaya bagi remaja pecinta budaya Korea hal ini karena media menjadi faktor pembentuk gaya hidup dan pola konsumsi suatu masyarakat seperti yang dikatakan oleh Jean Baudrillard. Simbol dan ideologi budaya Korea telah berhasil diserap dan menjadi gaya hidup sehari-hari sebagian besar remaja Indonesia karena media memiliki kekuatan dalam memproduksi segala macam jenis budaya populer yang hasilnya didistribusikan, dipromosikan melalui jaringan media global.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Public Relations (J-PR) pertama kali publikasi tahun 2020 dengan nomor ISSN (Elektonik): 2774-7670 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jurnal Public Relations (J-PR) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana ...