Jurnal TIN Universitas Tanjungpura
Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjungpura

STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG UMKM CENTER KOTA PONTIANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM

Dzakwan, Abyan Odhy (Unknown)
Budiman, Riadi (Unknown)
Prima, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

UMKM Center Kota Pontianak berfungsi sebagai wadah bagi para pelaku UMKM dan pengrajin di Kota Pontianak untuk memajang dan memperkenalkan produk mereka ke konsumen dengan catatan produk telah memiliki izin PIRT. Gedung ini dibawah naungan DISPERINDAG Kota Pontianak dan DEKRANASDA Kota Pontianak. Setelah kurang lebih 1 tahun semenjak didirkan, masih banyak yang belum mengetahui keberadaan gedung tersebut, oleh karena diperlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung di UMKM Center Kota Pontianak. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan terkait strategi pemasaran pada penelitian ini dilakukan dengan mengolah data menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan menyebar kuesioner kepada para expert judgement yaitu, stakeholder, pemasok produk serta konsumen untuk analisis IFE, EFE dan SWOT untuk mengetahui kekuatan utama, kelemahan utama, peluang utama serta ancaman utama dari UMKM Center Kota Pontianak. Kemudian dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner lanjutan ke pada para stakeholder dari UMKM Center Kota Pontianak untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung dengan menggunakan analisis QSPM. Hasil dari analisis SWOT yaitu posisi UMKM Center Kota Pontianak berada di Kuadran 1 yang artinya akan menjalankan strategi agresif. Strategi alternatif yang menjadi prioritas dalam meningkatkan jumlah pengunjung UMKM Center Kota Pontianak berdasarkan analisis QSPM yaitu Memperbaiki laman informasi daring mengenai produk yang ditawarkan dapat berbentuk media sosial, situs web, atau aplikasi. Kata Kunci : Analisis EFE, Analisis IFE, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM.

Copyrights © 2020