ABSTRAKPENGARUH KEMAMPUAN BERADAPTASI, DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA SATU DUSUN SATU SARJANA (SDSS) PEMDA SEKADAU SELAMA PENDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK Oleh:AGUSTA ERNI HERAWATIB1021171031Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh kemampuan beradaptasi, dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Satu Dusun Satu Sarjana (SDSS) Pemda Sekadau selama pandemi Covid-19 di Untan Pontianak.Berdasarkan metode yang digunakan bentuk penelitian ini merupakan penelitian survei kuantitatif. Berdasarkan tingkat eksplanasi, penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa SDSS Pemda Sekadau yang berkuliah di Universitas Tanjungpura. Sampel sebanyak 81 orang, teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling. Non probability sampling sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi, uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan beradaptasi, dukungan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa SDSS Pemda Sekadau selama pendemi Covid-19 di Untan Pontianak. Kontribusi variasi variabel independen yang digunakan dalam model pengujian menjelaskan sebesar 86.8%, sedangkan sisanya sebesar 13,2% didasarkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  DAFTAR PUSTAKAAlam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya,16 (1), (24-30).Azwar, S. (2015). Tes Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.Diana. (2017) Strategi Adaptasi Mahasiswa Kristen Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.  JOM FISIP 4(2), 1-15.Duffy & Wong. (2006). Community psychology. United States of Amerika.Erdem & Kaya. (2020). A Meta-Analysis of the Effect of Parental Involvement on Students’ Academic Achievement. Journal Of Learning for Development, 7(3), 367-383.Feladi, V., & Lestari, I. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Motivasi belajar Terhadap Hasil belajar pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4 (2), 307-321.Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.Friedman. (2014). Keperawatan keluarga.Yogyakarta: Gosyen Publishing.Gerungan, W.A. (2015) Psikologi Sosial. Bandung: PT Eresco.Ghozali, I (2018). Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Gujarati, D.N. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C.,Salemba Empat, buku 2, Edisi 5, Jakarta.Hasibuan, Mendrofa, Silaen, Tarihoran. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal. 3(2), 387-393.   Hamdani. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.Kambuaya, C (2015). Pengaruh Motivasi, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal, 5(2), 106-208.Kemenristekdikti, P. (2017). Statistik Tinggi Tahun 2017. Indonesia: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga.Pek & Mee. (2020). Parental Involvement On Child’s Education At Home During School Lockdown. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies). 04(02), 192 – 196.Raharjo & Pertiwi. (2020). Learning Motivation and Students’ Achievement in Learning English: A Case Study at Secondary School Students in the Covid-19 Pandemic Situation. JELITA: Journal of English Language Teaching and Literature. 1(2), 56-64.Robbins, S.P. (2015). Organization Behavior. Jakarta: Gramedia.Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.Rosanda & Hasunah. (2019). Kemampuan Adaptasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah yang Berlatar Belakang Pendidikan Umum. Jurnal Pendidikan Islam. 3(2), 230-246.Santo, Kimbay & Werang. (2018). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD YPPK Maria Fatimah Marauke. Jurnal Magistra, 5(2), 53-63.Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.Semiun, Y. (2010). Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: KanisiusSiregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta:Rineka CiptaSubagyo. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.Sugiyono & Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta:Suharyadi & Purwanto. (2016). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Moderen Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.Sunarto & Hartono. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Taylor, S. E. (2012). Health Psychology. Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill. Umar, H (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali. Universitas Tanjungpura. (2019). Sambutan Rektor. Diakses pada 30 Oktober 2020, dari https://www.untan.ac.id/sambutan-rektor-univeritas-tanjungpura/.Uno, H (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi AksaraWijaya, P & Bukhori, I. (2017). Effect of Learning Motivation, Family Factor, School Factor, and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 3 (3), 192–202.Xie, Cao, Sun & Yang. (2019). The effects of academic adaptability on academic burnout, immersion in learning, and academic performance among Chinese medical students: a cross-sectional study. BMC Medical Education, 19(1), 2-8.
Copyrights © 2021