Jurnal Manajemen Update
Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN

PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS (Studi Pada Pengguna Sabun Cuci Sunlight di Pontianak)

admin, Rachmawati B1023141073 (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Abstrak     Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan manganalisis pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas. Jenis penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan sabun cuci Sunlight dengan sampel yang diteliti sebanyak 50 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik probability sampling. Teknik probability sampling adalah bahwa setiap sampel yang dipilih berdasarkan prosedur seleksi dan memiliki peluang yang sama untuk dipilih. Adapun responden yang diteliti memiliki kriteria masyarakat yang berada di kota Pontianak, minimal berumur 17 tahun dan sudah pernah menggunakan sabun cuci Sunlight. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 16.0      Hasil analisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 16.0  menyimpulkan bahwa Citra Merek dan Kualitas Produk pada Sabun cuci Sunlight di Pontianak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Hasil lain menunjukkan bahwa Kepuasan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas.Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan, dan Loyalitas.DAFTAR PUSTAKA Agussalim, S.O., & Jan, A.B.H. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan     Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online GO-JEK di       Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4Bailia, J.F.T., Soegoto, S.A., & Loindong, S.S.R. (2014). Pengaruh Kualitas          Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung –        Warung Makan Lamongan  Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 3.Darwin, D., & Kunto, Y.S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan     Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2 No. 1.Dewi, N.K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan     Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan           Vasseline Hand Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus Pada PT. Unilever cabang Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 3 No. 2.Dinata, Y.A., & Nurtjahjani, F. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran        Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Piring Sunlight (Studi           Pada Warga Desa Songgokerto Kota Batu. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 3 No. 1.Hutomo, A.S. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 2.Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen   Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs. Jurnal       Siasat Bisnis, Vol. 15 No. 1.Kotler, P., & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid satu. Jakarta: ErlanggaKurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada   Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 14 No. 2.Lasander, C. (2018). Pengaruh Merek, Kualitas Produk, dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Konsumen Pada Makanan Tradisional. (Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab. Sengihe Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 3.Lenzun, J.J., Messie, J.D.D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 3.Mardikawati, W. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada    Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro, Vol. 2 No. 1.Mursid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Satu. Jakarta: Bumi AksaraNeupane, R. (2015). The Effects of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention in Retail Super Market Chain UK. International Journal of Social Sciences and Management, Vol. 2 No. 1.Pongoh, M,E. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk,  Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel di Kota    Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1 No. 4.Putra, S.W., Samuel H.M.S., & Brahmana M.K.M.R. (2014). Pengaruh Kualitas    Layanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2 No. 1.Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M.I. (2019). Dampak Promosi, Harga, da,      Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal        Penelitian Ipteks, Vol. 4 No. 2.Setiawan, H., & Minarsih, M.M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas         Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas     Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan). Journal Of             Management,  Vol. 2 No. 2. Sukmawati, I., & Messie, J.D.D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. AIR Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3 No. 3.Supriyadi, Fristin, Y, & Indra, G.K.N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 3 No. 1.Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada       Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Jurnal Media Ekonomi           dan Manajemen, Vol. 28 No. 2.Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.Tomida, M. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset       Manajemen, Vol. 5 No. 7.Tu, Yu-Te., & Chang, H.C. (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical Study of Starbucks Coffee in Taiwan.       Journal of Social and Development Sciences, Vol. 3 No. 1.https://www.unilever.co.id/brands/our-brands/sunlight.htmlhttps:/www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=Sunlighthttps:/www.harga.web.id

Copyrights © 2021