ABSTRAKSTUDI KOMPARATIF MINAT KUNJUNG ULANG PADA RITEL LOKAL NON WARALABA DAN RITEL WARALABA NASIONAL ALFAMART/INDOMARET(Survei Pada Konsumen Di Kota Pontianak)            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang (Studi pada konsumen ritel lokal non waralaba dan ritel waralaba nasional Alfamart/Indomaret di Kota Pontianak ). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi adalah pada konsumen ritel lokal non waralaba dan ritel waralaba nasional Alfamart/ Indomaret. Sampel adalah konsumen ritel lokal non waralaba dan ritel waralaba nasional Alfamart/ Indomaret yang berdomisili di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan analisis pengaruh (T-test) dengan program SPSS 22. Jumlah sampel sebanyak 150 responden terdiri dari 75 responden konsumen ritel lokal non waralaba di Kota Pontianak dan 75 responden konsumen ritel waralaba nasional Alfamart/ Indomaret di Kota Pontianak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji beda (T-Test), dan dengan menggunakan SPSS 23.                                           Hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tanggapan pada dua kelompok sampel yakni kelompok responden konsumen ritel lokal non waralaba dan kelompok responden ritel waralaba nasional Alfamart/Indomaret terhadap tanggapan lokasi, merchandise, harga dan minat kunjung ulang. Kelompok responden konsumen ritel non waralaba dan kelompok responden ritel waralaba nasional alfamart/indomaret cenderung memberikan tanggapan yang sama terhadap keempat variabel penelitian. Hasil uji pengaruh pada kelompok responden ritel lokal non waralaba menunjukkan bahwa satu hipotesis diterima, dua hipotesis ditolak. Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang, merchandise berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang. Hasil uji pengaruh pada kelompok responden ritel waralaba nasional Alfamart/Indomaret menunjukkan bahwa dua hipotesis diterima, satu hipotesis ditolak. Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang, merchandise berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang, harga berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang.Kata kunci: Studi Komparatif, Minat Kunjung Ulang, Ritel Lokal Non Waralaba, Ritel Waralaba Nasional DAFTAR PUSTAKA Alma, Buchari. 2007. Pemasaran dan Pemasaran Jasa , Alfabeta, Bandung Ardi Susanto, Tri Septin Muji Rahayu. (2017). Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Minat Kunjungan Kembali. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi, Volume XVII, Nomor 2, 2017. Arlen.J.L.Makalew, Lisbeth Mananeke, Debry.Ch.A.Lintong (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Minat Kunjungan Kembali Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung Ulang) Wisatawan Pada Objek Wisata Alam Batu Angus Di Bitung. Jurnal EMBA, Volume 7, Nomor 3, 2019. Asep, Sudjana (2005), Manajemen Ritel Modern, Yogyakarta : Graha ilmu. Belch, E George & Michael A Belch. 2016. Advertising and Promotion “An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGrawHill/Irwin. Berman, Barry & Evans, Joel.R. (2007). Retail Management. 10th. ed. United Stated of Amerika: Pearson Prentice Hall. Cristina Widya Utami, 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern); Jakarta: Salemba Empat. Djaslim Saladin, 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya. Dhotre, Meenal. (2010). Channel Management and Retail Marketing. Mumbai, INDIA: Global Media. Durianto, D. dan C. Liana. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.Elizabeth M Visser, Ronel Du Preez, Hester S Janse Van Noordwyk  (2006). Importance Of Apparel Store Image Attributes:Perceptions Of Female Consumers. Journal of Industrial Psychology, 2006, 32(3), 49-62. Evans, J.R., & B. Berman (2013), Retail Management: A Strategic Approach, 12th edition, Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall. Fandy,Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Andi, Yogyakarta.  Ferdinand, 2002. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk skripsi, tesis, dan desertasi ilmu manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hair et al., (1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersey. Kotler, Philip dan Garry Amstrong, 2009. PrinsipPrinsip Pemasaran. Alih Bahasa: Damos Sihombing. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kurniawan, Albert. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta. Liza Aswati, Erik Sudarso. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Akses Lokasi Terhadap Minat Kunjung Kembali Pada Hotel Hongkong Inn Singkawang. JURKAMI, Volume 4, Nomor 1, 2019. Lupiyoadi, Rambat, Hamdani. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Ma’ruf, Hendri, (2006) Pemasaran Ritel, Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Nazir,Moh 1983.Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia. Neha Purushottam (2011). Importance Of Apparel Store Image Attributes:Perceptions Of Female Consumer Store Attributes Preference In Selecting A Store:A Study Of Large Scale Retail Stores In South Africa. Journal Of Business and Behavioral Sciences, Vol.23, No. 3;Fall 2011. Siti Fatimah. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. MIBJ, Volume 17, Nomor 2, 2019. Rusno. (2008). Dampak Pesatnya Mini Market Waralaba Terhadap Usaha Kecil (Jenis Ritel). Jurnal Ekonomi Modernisasi, Volume 4, Nomor 3, 2008. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Uma Sekaran, 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Utami, Christina Whidya, 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi ke 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. No. ISBN 978-9799061-127-6
Copyrights © 2021