ABSTRAKKepemimpinan efektif merupakan indikator terpenting bagi kesuksesan lembaga pendidikan Islam dalam mencapai visi dan tujuan yang ditetapkan. Tulisan ini berorientasi kepada penguatan konsep kepemimpinan efektif yang berlandaskan kepada nilai-nilai keislaman. Islam memandang bahwa kepemimpinan efektif bilamana pemimpin mampu menginternalisasi dan mengimplementasikan dua prinsip berikut: pertama; prinsip manajerial dengan cara memperhatikan nilai-nilai berikut: Pertama, ‘aqdu at-takhtiit, ‘aqdu at-tawdhiif, ‘aqdu al-mukalamah, Tasyji’u manba’i at-thaaqah al-basyariyyah, tandzimu at-tahaddiiyaat, dan ‘aqdu at-taqyim. Yang kedua adalah prinsip mu’amalah yaitu dengan cara memperhatikan mu’amalah ma’allah dengan cara mencintai kebenaran dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, mu’amalah ma’a an-nas dengan cara dapat dipercaya dan mampu mempercayai orang lain. Ketiga, mu’amalah ma’a an-nafsi, yaitu ahli di bidangnya dan memiliki pandangan yang luas yang didasari oleh kecerdasan yang memadai, memiliki semangat untuk maju, penuh pengabdian, memiliki kesetiaan yang tinggi, kreatif dan penuh inisiatif; bertanggung jawab dalam mengambil keputusan, konsekuen, berdisiplin, dan bijaksana; dan aktif memelihara kesehatan jasmani dan rohani.
Copyrights © 2017