WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 2 (2020)

Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa PG PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi

Fitria Utami (Universitas Panca Sakti Bekasi)
Delina Kasih (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Dalam proses pembelajaran, sebagian besar siswa merupakan pendidik PAUD yang tidak terlibat aktif. Terutama untuk mengungkapkan dan mengungkapkan. Tujuan penelitian ini adalah 1.) untuk melihat keaktifan siswa PG PAUD di Panca Sakti Bekasi antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran eksperiensial pada mata pelajaran Matematika dan IPA. 2.) untuk melihat pengaruh model pembelajaran berdasarkan keaktifan mahasiswa PG PAUD pada mata kuliah Matematika dan IPA di Universitas Panca Sakti Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen one group pretest-posttest design. Dengan simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA satu arah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. ) terdapat perbedaan keaktifan siswa PG PAUD pada mata pelajaran matematika dan IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning. 2.) Ada pengaruh positif antara penggunaan model experiential learning terhadap keaktifan siswa PG PAUD pada mata pelajaran matematika dan IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wisdom

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

WISDOM is a journal research published by Department of Early Childhood Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, the State Islamic Institute of Ponorgo. WISDOM is published regularly in June and December. WISDOM accepts articles with studies related to early childhood education. ...