JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini)
Vol. 1 No. 1 (2020)

INSTRUMEN KESIAPAN BELAJAR: ASESMEN NON-TES UNTUK MENGUKUR KESIAPAN BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF NEUROSAINS

Ruqoyyah Fitri (Universitas Negeri Surabaya)
Muhammad Reza (Universitas Negeri Surabaya)
Mallevi Agustin Ningrum (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Kesiapan Sekolah (SRI) menggunakan perspektif ilmu saraf untuk mengukur kesiapan anak ke sekolah dasar yang dirancang untuk memudahkan guru dan orang tua untuk menilai perkembangan anak melalui pengamatan kinerja harian mereka. Metode yang digunakan adalah mengikuti desain model ADDIE dengan subjek 50 anak usia 5-6 tahun. Analisis awal menunjukkan perlunya tiga domain: pengembangan motorik, kognitif dan bahasa, dan pengaturan diri untuk kesiapan belajar. Hasil validitas mengungkapkan perubahan pada lima domain SRI yang lebih terperinci: pengembangan motorik, kognitif dan bahasa, perkembangan sosial, kematangan emosi, dan keterlibatan belajar. Uji coba dilakukan dalam dua kelompok dengan hasil pembangunan tinggi dan rendah. Reliabilitas interrater menunjukkan konsistensi antara guru dan orang tua. Dari hasil ini menunjukkan bahwa SRI merupakan indikator yang tepat untuk digunakan sebagai ukuran kesiapan sekolah anak usia dini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jt

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope Focus and Scope Journal: This journal focuses on early childhood education, care, health and nutrition, with the following details: 1. Education: Early Childhood Curriculum, AUD Learning Media, Child Art Learning, Evaluation and Evaluation of Early Childhood Learning. 2. Parenting: ...