JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Studi Terhadap Ornament (Ragam Hias) Pada Situs Wadu Pa’a Candi Tebing Dengan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Di Kelas X SMA Negeri 1 Woha Kabupaten Bima.

Sulfahri, Sulfahri (Unknown)
Syafruddin, Syafruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang dilakukan pada situs Wadu Pa’a di Desa Kananta kabupaten Bima. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Sejarah keberadaan Situs Wadu Pa’a, dan untuk menerapkan motif wadu pa,a dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Di Kelas X SMA. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, tinjauan pustaka dan wawancara. Sedangkan sampelnya dipilih relief patung Budha dan Ganesha untuk mewakili keseluruhan relief patung yang ada di Situs Wadu Pa’a. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kecamatan, Soromandi Kabupaten Bima merupakan peninggalan Hindu yang menurut sejarah bahwa yang memahat Wadu Pa’a ini adalah sang Bima dimana sang bima ini merupakan bangsawan dari kerajaan Medang, ( Jawa Timur). Ornamen pada makam Situs Wadu Pa’a terdapat Pahatan relief Ganesha, Budha, Mahaguru (Siwa), pilar, Catra ( payung) Stupa dan huruf Jawa kuno yang terdiri dari garis lurus, lenkung, dan terbentuk bidang dan penggarapannya dengan cara di pahat. Sehingga bisa diterapkan dalam pembelajaran apresiasi seni rupa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...