Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Indonesia Abad XIX-XX dengan menerapkan komparasi metode number head together dengan metode driil. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk esay. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, sebelum menggunakan uji-t terlebih dahulu dilakukan perhitungan prasyarat yaitu menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 dan nilai ini lebih kecil dari 0.05 (0,00< 0,05) maka dapat diketahui hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif ( Ha) dan Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan komparasi NHT dengan driil terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Indonesia Abad XIX-XX di STKIP Taman Siswa Bima.
Copyrights © 2017