JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar

Agung Rimba Kurniawan (Universitas Jambi)
Faizal Chan (Universitas Jambi)
Aditya yohan Pratama (PGSD FKIP Universitas Jambi)
Minanti Tirta Yanti (Universitas Jambi)
Erza Fitriani (Universitas Jambi)
Sulistia mardani (Universitas Jambi)
Khosiah Khosiah (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak degradasi moral sopan santun di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kabupaten Batanghari, Kecamatan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di SD tempat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi penurunan moral sopan santun pada siswa sekolah dasar di salah satu SD negeri yang terletak di Kabupaten Batanghari, Kecamatan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa masih ada siswa yang tidak memenuhi indikator sopan santun yang baik dalam berperilaku di sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...