Saat ini industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan kontribusi yang sangat besar dalam produk domestic bruto. Pertumbuhan restoran juga sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian negara, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja. Meskipun demikian, pertumbuhan yang pesat untuk industi makanan tidak menjamin tidak jatuhnya korban. banyak dijumpai restoran gulung tikar akibar ekspansi restoran lokal dan luar negeri yang banyak diakibatkan oleh kesalahan tata kelola khususnya pelayanan yang diberikan dan juga kualitas makanan yang kalah dari restoran lokal yang baru buka maupun yang datang dari luar negeri. Sehingga, tujuan dari makalah penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Kualitas Bukti Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Niat Mengunjungi Kembali. Metode kuantitatif dengan pendekatan pemodelan persamaan struktural untuk menguji hipotesis dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Kualitas Bukti Fisik memiliki korelasi terhadap Kepuasan Pelanggan. Meskipun demikian hanya Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Di samping itu, kepuasan pelanggan bukan saja memiliki korelasi yang tinggi tetapi juga secara signifikan mempengaruhi niat mengunjungi kembali. Kebaruan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah konstruk kualitas layanan dan makanan di desain dari beberapa penelitian sehingga lebih lengkap ketimbang lainnya. Di samping itu juga hasil yang diperoleh berbeda dimana dipenelitian terdahulu kualitas bukti fisik sebagai faktor penentu kepuasan pelanggan sedangkan dalam penelitian ini kualitas makanan dan pelayanan yang menjadi faktor penentu kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2019