Pengembangan model pembelajaran kecakapan hidup berbasis andragogi bagi pemudaputus sekolah dalam pemanfaat enceng gondok di Kabupaten Gorontalo adalah bertujuanuntuk (1) mengetahui kondisi objektif pemuda putus sekolah di Kabupaten Gorontalo,(2) mengetahui pengembangan model pembelajaran andragogi, (3) mengetahuiefektifitas model pembelajaran andragogi, (4) mengetahui dukungan dan hambatanpengembangan model. Penelitian ini berlangsung selama satu tahun yaitu: Kegiatantahun pertama adalah: (1) mengidentifikasi kondisi objektif pendidikan kecakapan hidupdi Kabupaten Gorontalo, (2) Pengembangan model pembelajaran kecakapan hidupberbasis andragogi dengan metode partisipatif dan kolaboratif dapat mengembangkansikap, pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan, (3) Efektivitas modelpembelajaran dilaksanakan melalui pengujian model,berdasarkan pengujian statistik,model yang dikembangkan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil pesertapelatihan.
Copyrights © 2021